Wednesday, September 23

Ceramah Mamah Dedeh Mendunia, Dipuji Umat Berbeda Agama

VIVA   – Ternyata pukau Mamah Dedeh telah jadi pancaran di mata dunia internasional. Ceramahnya yang penuh tawa canda serta moderat tanpa membawa ujaran antipati telah membius warga berbeda pegangan.

Hal ini diketahui setelah profil sosok Mamah Dedeh ditayangkan VICE salah satu jalan yang berbasis di Amerika Konsorsium.

Video Vice berjudul Bertemu Mamah Dedeh, Sang Makan Dakwah Indonesia yang diunggah pada Youtube itu sudah disaksikan ratusan ribu orang di seluruh dunia. Ribuan komentar pun memenuhi kolom bawah video.

Akun Fish Head misalnya, dia mengaku seorang umat Kristiani. Dia begitu menyukai aura Mamah Dedeh terutama saat berceramah. Makin katanya, keluarga rutin menonton ceramah Mamah Dedeh.

“Saya kristen di sini, dan saya selalu suka auranya. Dia begitu hangat, tidak ada kontroversi, mesam-mesem dan tawanya indah dan keibuan. Kadang-kadang anggota wanita di anak saya suka menontonnya karena tempat lucu dan bijak pada era yang sama, walaupun kami kristen. Saya berharap akan ada bertambah banyak orang terutama wanita muslim yang bisa menjadi pengkhotbah seperti dia, ” tulis akun Fish Head.

Sementara itu menurut akun Jed Christian Resurreccion, dengan melihat aksi Mamah Dedeh, dia begitu bangga. Karena Makan Dedeh mampu mensinergikan budaya Asia Tenggara dengan Islam melalui dakwahnya.

“Ini adalah salah satu hal yang membuat saya meliberalisasi pemikiran beta tentang Islam. Islam di Indonesia berbeda secara positif. mereka memadukan budaya Asia Tenggara dengan Agama islam.. yang membuatnya moderat dan lengkap kasih, acara ini membuktikannya, baru dan seperti ibu memarahi Kamu. Saya berharap negara-negara Afrika timur tengah dan utara mengikuti arketipe Indonesia. Dan Indonesia menjadi tahu apa sebenarnya Islam itu. Hatiku hancur ketika sentimen anti-Muslim pecah di Eropa, karena orang-orang ini hidup, ” komentarnya.

Tak jauh berbeda dengan komentar yang dituliskan akun Yasmine Kartika, menurutnya Mamah Dedeh adalah penyiar hebat dan tak pernah menyebarkan kebencian seperti yang sedang terang terjadi di Indonesia.

Menurutnya, dia sempat berusaha menghindari kelompok tertentu yang terlalu sektarian dengan pendakwah yang radikal dengan memimpinnya.

“Episode yang luar biasa! Saya adalah seorang ibu yang bekerja dan mematuhi Islam, tetapi saya tidak pernah bergabung dengan kelompok agama barang apa pun, sementara kebanyakan ibu pada Indonesia biasanya bergabung dengan setidaknya satu orang dalam hidup mereka. Mengapa? Karena saya seorang terbuka, saya melakukan salat 5 masa tetapi lebih suka menghindari golongan fanatik dengan pengkhotbah radikal yang memimpin mereka. Saya suka agama saya tetapi sedih ketika penuh orang percaya menjadi radikal pada pemikiran mereka dan bagaimana mereka berinteraksi dalam masyarakat. Ini betul-betul membuka mata saya bahwa makan Dedeh adalah pengkhotbah yang hebat dan memberikan materi khotbah yang tidak membenci. Sekarang saya akan mulai menonton pertunjukan secara tertib untuk memberi makan jiwa beta. Terima kasih lagi!, ” tulisnya.

Membaca: Sering Dimarahi Mertua, Perias Seniwati Dibelikan Rumah Sama Mamah Dedeh